Blog

This is where your latest blog posts will show up. You can change this text in the options.

Berat badan bayi baru Lahir

19 July
Penurunan berat badan bayi
Mengapa berat bayi baru lahir turun dalam minggu pertama ?
Bayi baru lahir mengalami perubahan besar dalam tubuhnya. Dari sebelumnya di dalam kandungan di mana nutrisi ia terima langsung dari ibu melalui tali pusat, menjadi harus berusaha memperoleh nutrisidengan minum ASI. Selain itu, bayi yang semula dalam kandungan selalu terjaga suhunya, ketika sudahlahir bayi harus menyesuaikan dan mempertahankan suhu tubuhnya sendiri. Semua usaha penyesuaian diri bayi terhadap lingkungan ini akan menyebabkan berat badannya mengalami penurunan walaupun ia sudah memberikan ASI dalam jumlah yang cukup.
Pada bayi yang lahir cukup bulan, penurunan berat badan normal akan terjadi pada 3-5 hari awal kehidupan, dan dapat hingga 5-10% dari berat badan lahir. Sedangkan pada bayi yang lahir kurang bulan, penurunannya dapat hingga 10-15%.  Hal ini disebabkan kulit bayi kurang bulan lebih tipis dari bayi yangcukup bulan, sehingga penguapan terjadi lebih banyak.
Selama penurunan berat badan masih dalam batas normal tadi, ibu tidak perlu khawatir. Setelah minggu pertama, dengan pemberian ASI yang baik, berat badannya akan kembali meningkat.Bila penurunan berat badan terus berlangsung setelah usia bayi 7 hari atau penurunan badan lebih dari 10% pada bayi cukup bulan atau 15% pada bayi kurang bulan, perlu dicari penyebabnya.  Apakah asupan ASI-nya kurang ? Atau ada hal lain yang menyebabkan penurunan berlebihan?
Ibu juga dapat memberikan minum ekstra setelah bayi selesai dijemur karena pada saat dijemur penguapan yang terjadi melalui kulit bayi akan meningkat. Memberikan minum ekstra setelah bayi dijemur akan membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh bayi.
Dr. Marissa Pudjiadi, Sp.A
Dr. Martin Leman, Sp.A
No comments yet.

Leave a Reply