Buffer

Kehamilan 14 Minggu

Kehamilan minggu ke-14, Usia Janin 12 minggu

Perkembangan Bayi

Bayi Anda mencapai ukuran 7,5 cm – 8,7 cm pekan ini, dengan berat sekitar 40 gram. Leher bayi amat panjang dan kuat.

Bayi Anda kini memproduksi urin dan benar-benar membuang urin ke dalam cairan ketuban. Bayi juga mulai berlatih “bernapas”. Dia mulai berlatih menghirup dan membuang napas melalui saluran pernapasan. Mata dan telinga terus bergerak pada posisi yang seharusnya, lehernya semakin panjang, dan dagu bayi tidak lagi bersandar di dadanya. Tangan bayi mulai fungsional, dan gerakan refleks dari tangannya mulai sering terjadi. Bayi mulai belajar untuk bergerak dengan tangannya. Pada titik ini, si kecil menerima asupan makanan dari plasenta. Jadi ingat untuk memperhatikan asupan gizi dan menjaga makanan Anda karena apa yang Anda makan, akan diserap oleh bayi.

Bayi Anda kini memiliki sidik jari! Percaya atau tidak, sidik jari bayi terbentuk sendiri saat berenang dan berakrobat di dalam cairan ketuban. Saat ia menggerakkan tangan, kulit di ujung jari-jarinya membentuk pegunungan yang unik dan lipatan. Itu sebabnya tidak ada seorang pun di dunia memiliki sidik jari yang sama, bahkan kembar identikpun tidak! Keren, kan? Lengan bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuh mungilnya, tapi kakinya masih pada ukuran pendek dibandingkan dengan tubuhnya.

Bayi Anda terus memperagakan keterampilan baru seperti mengedip, mengubah mimik, bahkan sudah bisa menendang dan meninju. Bayi terus berlatih dan mengendalikan gerakan otot.

Tubuh Anda

Perubahan hormon dalam tubuh Anda menjadi nyata. Banyak perubahan mulai dari bentuk kulit. Anda mungkin mulai melihat garis hitam dibawah bagian tengah perut Anda ke tulang pubis, yang disebut linea negra. Ukuran payudara Anda mulai membesar, dan Areola (bagian gelap puting payudara Anda) mungkin berubah menjadi gelap. Tubuh Anda telah mempersiapkan diri untuk menyusui sejak hamil.

Sekarang, hormon Anda sudah mulai seimbang. Ini berarti Anda tidak merasakan mual-mual lagi, dan kelelahan pun berkurang. Namun, beberapa dari Anda mungkin mengalami sembelit karena otot-otot usus Anda menjadi rileks sehingga menyebabkan otot-otot untuk bekerja lebih lambat dan kurang efisien. rahim Anda juga menekan pada usus Anda. Pastikan untuk memperbanyak asupan serat untuk mengatasi masalah ini.

Keluhan lain yang umum terjadi pada usia kehamilan 14 Minggu keatas adalah sakit punggung. Hal ini disebabkan oleh hormon relaksin pada tubuh Anda yang sedang bekerja melonggarkan sendi-sendi dan otot di pinggul Anda untuk memberikan ruang bagi bayi untuk keluar. Bergabunglah dengan kelas yoga agar Anda bisa merasa lebih rileks. Produksi rekalsin mencapai puncaknya di minggu ke 14 dan tetap dalam sistem tubuh Anda sampai setelah bayi lahir.

Jika Anda merasa kontraksi kecil seperti ditarik, dan merasakan sensasi peregangan minggu ini, jangan panik. Ini hanya peregangan pada ligamen Anda dan organ-organ lain yang bergerak untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi.

<<KEHAMILAN 13 MINGGU

KEHAMILAN 15 MINGGU >>

KEMBALI KE KALENDER KEHAMILAN

Tags: , ,

Comments are closed.