Blog

This is where your latest blog posts will show up. You can change this text in the options.

Kehamilan 23 Minggu

02 May

Kehamilan minggu ke-23, Usia Janin 21 minggu

Perkembangan Bayi

Tubuh bayi Anda semakin gemuk tapi kulitnya masih cukup berkerut karena kurangnya lemak subkutan. Dia mulai minum cairan ketuban di tempat dia mengambang. Sistem pencernaannya cukup matang untuk menyerap nutrisi. Tidak hanya mulai minum dan merasa, tapi semua sistem sensorik itu semakin matang.

Wajah dan tubuh bayi Anda semakin terlihat seperti bayi yang sudah lahir. Tulang-tulang di telingan bagian dalamnya mulai mengeras. Tiga tulang yang membentuk tengah telinga si bayi – palu, landasan dan sanggurdi – semua mulai mengeras, ini berarti bahwa transmisi suara sekarang memungkinkan. Walaupun bayi Anda mungkin dapat mengirimkan suara, tidak ada cara untuk mengetahui jika bayi Anda mampu menafsirkan suara pada saat ini (walaupun otak berkembang pesat, bayi mungkin masih terlalu muda untuk berurusan dengan suara).

Kuku bayi Anda hampir sepenuhnya terbentuk dan lanugo (rambut halus) yang menutupi tubuhnya semakin gelap. Bayi Anda terus tumbuh dalam persiapan untuk perjalanan kelahiran. Bayi Anda sekarang memiliki panjang lebih dari 11 inci (27,94 cm) panjang dan berat lebih dari satu pound (453,6 gram). Tubuhnya semakin tumbuh proporsional setiap hari, dan tulang-tulang telinga bagian tengah mulai mengeras. Tubuh bayi Anda akan mulai gemuk dan keriput dan setiap rambut lanugo mungkin mulai terlihat lebih gelap saat ini. Alis dan kelopak mata bayi Anda sudah terbentuk dengan baik sekarang. Selama hingga bulan depan bayi Anda akan bertambah berat, hampir dua kali lipat dari saat ini.

Jika lahir sekarang, bayi Anda memiliki kesempatan untuk bertahan hidup. Namun demikian, teruslah berharap agar bayi dilahirkan pada waktu yang sesuai yaitu beberapa minggu lagi!

Pankreas pada bayi Anda sedang berkembang dengan baik. Pankreas sangat penting dalam produksi insulin. Insulin membantu bayi Anda memecah dan menggunakan gula dalam darah. Bila bayi terkena kadar gula darah tinggi, pankreas akan merespon dengan meningkatkan tingkat insulin darah.

Tubuh Anda

Rahim Anda sekarang harus sekitar 1,18 inci (3cm) di atas pusar anda dan sekitar 9,05 inci (23cm) di atas simfisis pubis Anda minggu ini. Bayi Anda masih memiliki banyak ruang untuk bergerak di sekitarnya, sehingga tendangan, pukulan dan gerakan yang Anda rasakan sebelumnya akan terus berlanjut. Bahkan, akan ada waktu ketika Anda akan dapat melihat bayi Anda bergerak dari luar! Ini adalah saat yang baik untuk suami Anda bisa meresakan juga gerakan si bayi.

Di minggu ini, Anda mungkin akan merasakan gejala yang aneh seperti perubahan mood secara tiba-tiba. Jangan khawatir, karena ini adalah gejala normal dan akan mereda pada trimester ketiga Anda atau segera setelah kelahiran bayi Anda. Suasana hati yang tidak menentu seperti ini disebabkan oleh kadar hormon yang naik dalam tubuh Anda.

Dua hal yang dipengaruhi pertumbuhan pesat bayi Anda adalah sakit pada ligamen bulat dan nyeri saraf siatik. Nyeri pada bulat ligamen disebabkan oleh peregangan ligamen yang mendukung rahim, sedangkan nyeri saraf siatik disebabkan dengan menjadi tempat tekanan pada saraf siatik. Kedua adalah hasil dari pertumbuhan rahim dan bayi.

Jika Anda memiliki beberapa mood swing yang liar, Jangan khawatir. Mereka normal bahkan jika mereka tidak terasa normal. Cobalah untuk menjadi baik pada diri sendiri ketika Anda merasa sedih.

Kelipatan: Membiasakan diri dengan gejala persalinan prematur. Tercatat kelipatan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk kelahiran prematur. Dari buku “Kembar! Kehamilan, Kelahiran dan Tahun Pertama Kehidupan” oleh Connie L. Agnew, MD, hubungi dokter segera jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut:

  • rasa kepenuhan panggul
  • kontraksi berulang (4 atau lebih satu jam)
  • pelepasan vagina
  • membran pecah
  • kram

Gizi Anda

Protein berperan penting dalam kehamilan Anda dan perkembangan bayi Anda. Adalah penting bahwa selama trimester kedua dan ketiga, Anda memastikan asupan protein dalam diet Anda memenuhi kebutuhan Anda. Anda harus bertujuan untuk mendapatkan 75g protein dalam sehari, dan ada berbagai sumber protein untuk membantu Anda melakukan hal ini.

Satu asupan gizi Anda mungkin perlu untuk diperhatikan selama kehamilan Anda adalah natrium (garam). Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak natrium, dapat menyebabkan Anda untuk menyimpan air, yang pada gilirannya akan menyebabkan bengkak, kembung dan ketidaknyamanan .

Makanan untuk dihindari yang mengandung banyak natrium meliputi: acar, keripik kentang dan kacang asin.

<<KEHAMILAN 22 MINGGU

KEHAMILAN 24 MINGGU >>

KEMBALI KE KALENDER KEHAMILAN