Buffer

Kehamilan 31 Minggu

Kehamilan minggu ke-31, Usia Janin 29 minggu

Perkembangan Bayi

Pertambahan berat badan bayi Anda akan lebih cepat dari pertambahan panjangnya. Sekarang, paru-paru dan saluran pencernaan bayi hampir matang. Iris mata bayi Anda sekarang dapat melebar sebagai respon terhadap cahaya. Karena simpanan lemak putih di bawah kulit, kulit bayi Anda tidak lagi merah, tapi menjadi warna pink indah bak bayi yang baru lahir. Kuku-Nya juga dapat mencapai akhir tangan. Bayi Anda sekarang berberat badan sekitar 1.5 kg (3.3 pound) dan panjangnya sekitar  41.1 cm (16.18 inci).

Anda mungkin khawatir ketika Anda kehabisan napas saat berjalan atau kadang-kadang bahkan dalam keadaan duduk. Anda mungkin berpikir bayi berada dalam bahaya. Ini tidak benar. Bayi Anda mendapat banyak oksigen dari plasenta Anda. Sesak napas yang terjadi mungkin karena tekanan dari perut Anda yang semakin membesar atau kelelahan.

Pertumbuhan panjang dan berat badan bayi Anda mulai agak sedikit melambat sekarang, namun organ dalam akan terus berkembang. Otak akan melalui periode perkembangan yang sangat cepat. Dan satu-satunya organ utama yang tersisa untuk sepenuhnya dikembangkan adalah paru-paru. Jika bayi Anda laki-laki, testisnya pun mulai turun dari rongga tubuh ke skrotum. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempertahankan pola makan yang sehat dan memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan kalsium , protein , zat besi dan asam folat.

Anda sebaiknya terutama memperhatikan asupan kalsium Anda, karena hal ini sangat penting dari sekarang sampai kehamilan Anda selesai. Hal ini adalah karena selama sisa minggu pengerasan kehamilan Anda berlangsung dan kalsium akan diminta untuk membantu si bayi Anda mengembangkan kerangkanya secara efisien.

Jika Anda melahirkan hari ini, maka bayi Anda akan dapat:

  • Bernafas
  • Melihat
  • Mendengarkan
  • Ingat dan belajar

 

Tubuh Anda

perut Anda mungkin sakit karena pembengkakan dan sangkar tulang rusuk dan panggul Anda mungkin sakit karena bayi bertumbuh lebih besar dan mengisi semua ruang yang tersedia. Adalah hal yang menakjubkan bahwa bayi Anda tumbuh begitu baik, tetapi mungkin tidak akan terasa seperti itu. Anda akan merasakan banyak sakit dan nyeri dari tekanan dan penurunan jumlah ruang di perut Anda. Rasa sakit yang paling sering dialami adalah sakit punggung dan panggul. Ini akan menjadi waktu yang tepat untuk meminta pada pasangan Anda untuk memijat punggung atau untuk berinvestasi dalam bantal pemanas. Ingat bahwa selalu mempertahankan postur yang baik, berolahraga dan melakukan peregangan ringan juga dapat membantu .

Saat tulang bayi mengeras dan tumbuh, Anda memerlukan kalsium lebih besar. Pastikan diet Anda cukup akan kalsium, protein , zat besi dan asam folat

Rahim Anda sekarang berada sekitar 11 cm (4,33 inci) di atas pusar dan sekitar 31 cm (12,20 inci) di atas simfisis pubis Anda. Kenaikan berat badan Anda harus berada di sekitar 9,4-12 kg (21-26 pound).

Pada tahap ini rahim Anda akan mengisi sebagian besar perut Anda dan Anda mungkin mulai merasakan tekanan dari rahim Anda di bawah tulang rusuk. Anda juga dapat mulai mengalami sakit pinggang secara lebih teratur sekarang bahwa bayi Anda dan perut yang menempatkan beban berlebih pada punggung bawah.

Pada tahap akhir kehamilan Anda, dan dengan perut yang semakin membesar, Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam terjaga di malam hari karena pertempuran untuk mencari posisi yang nyaman bagi Anda untuk tidur.

Berikut adalah beberapa petunjuk cepat untuk membantu Anda tidur:

  • Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan minum terlalu banyak cairan pada malam hari, atau Anda akan sering terbangun untuk pergi ke toilet sepanjang malam.
  • Menghindari kafein dari sore dan seterusnya.
  • Olahraga/ senam hamil secara teratur.
  • Tidur di kamar tidur dingin dengan AC atau kipas angin.
  • Jika Anda mengalami mulas pada malam hari, cobalah tidur dengan bersandar.

<<KEHAMILAN 30 MINGGU

KEHAMILAN 32 MINGGU >>

KEMBALI KE KALENDER KEHAMILAN

Comments are closed.