Buffer

Kehamilan 34 Minggu

Kehamilan minggu ke-34, Usia Janin 32 minggu

Perkembangan Bayi

Bayi Anda dapat sudah dapat merespon seperti bayi yang baru lahir. Dia akan membuka mata saat terjaga dan menutup mata saat tidur. Bayi Anda juga dapat menangkap tegas suara dan sentuhan dari luar. Minggu ini juga menawarkan lebih banyak waktu untuk bayi Anda membangun antibodi dan kulitnya untuk terus menebal. Sangat indah untuk mengetahui bahwa jika bayi Anda lahir sekarang, ia memiliki kesempatan 95 persen bertahan hidup dengan intervensi medis.

Berat bayi Anda sekitar 2,5 kg (4,7 Pounds) dan tinggi sekitar 45 cm (17,72 inci).

Tubuh Anda

Tubuh Anda benar-benar bersiap-siap menghadapi persalinan dan Anda mungkin mengalami intensitas kontraksi yang semakin sering dan hali ini kurang lebih seperti latihan menghadapi kontraksi atau persalinan sesungguhnya. Ini adalah saat yang tepat untuk mempelajari tahapan persalinan:

  • Tahap Pertama : Hal ini dimulai ketika Anda mulai mengalami kontraksi reguler yang meningkat frekuensi dan intensitasnya.Kontraksi kemudian akan datang dan Anda akan berada dalam fase aktif kala pertama. Kontraksi kemudian lebih intens dan datang lebih sering, biasanya membutuhkan lebih banyak perhatian Anda  untuk menghitung periode kontraksi. Di suatu waktu antara fase aktif dan fase berikutnya, Anda akan mengalami transisi, untuk mempersiapkan jalan lahir. Transisi adalah bagian singkat tapi sulit dalam persalinan. Pada saat transisi datang, kontraksi datang sangat dekat dan bersama-sama, tetapi mereka tidak pernah benar-benar merasa lebih kuat daripada kontraksi dari fase aktif. Pada akhir transisi, jalan lahir Anda akan benar-benar melebar.
  • Tahap Kedua : Anda mulai tahap ini ketika Jalan lahir Anda benar-benar melebar (pembukaan 10 cm) Anda akan mulai mendorong bayi Anda ke dunia ini. Anda akan merasakan dengan sendirinya ada dorongan dari dalam rahim Anda. Jika ada episiotomi dilakukan, itu akan dilakukan pada akhir tahap ini. Akhir tahap kedua akan ditandai dengan kelahiran bayi Anda!
  • Tahap Ketiga : Ini adalah antiklimaks dari persalinan. Dalam waktu 5 menit sampai satu jam setelah melahirkan bayi Anda, akam muncul dorongan kecil untuk mengeluarkan plasenta.

Anda mungkin merasakan kontraksi palsu ( Braxton Hicks) kontraksi selama beberapa minggu terakhir tetapi hal ini akan terasa lebih intens sekarang. Kontraksi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit seperti kontraksi sejati dan tidak berirama. Ini adalah mempersiapkan tubuh Anda untuk hal yang nyata.

Rahim Anda sekarang berada sekitar 14 cm (5,51 inci) di atas pusar dan sekitar 34 cm (13,38 inci) di atas simfisis pubis Anda.

Anda harus ingat bahwa pengukuran ini murni sebagai pedoman. Setiap kehamilan berbeda, dan ukuran mungkin akan berbeda. Jangan khawatir jika ukuran-ukuran yang disebutkan tidak persis sama dengan Anda. Dokter atau Bidan kandungan Anda akan memantau pertumbuhan kehamilan Anda pada setiap kunjungan. Yang penting adalah bahwa rahim Anda tumbuh lebih besar pada tingkat yang tepat, yang akan menyebabkan tanda-tanda bahwa pertumbuhan bayi dan perkembangan normal.

Cairan ketuban Anda akan mencapai kapasitas maksimum di minggu ini, yang berarti bahwa bayi Anda akan beristirahat di dinding rahim daripada mengambang dalam cairan ketuban. Ini juga berarti bahwa Anda benar-benar akan mulai merasakan setiap gerakan yang dilakukan bayi Anda.

Kulit perut Anda akan semakin direnggangkan secara maksimal. Hal ini mengakibatkan perut Anda merasa  gatal. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah untuk tetap terhidrasi dengan baik dan membalurkan lotion pelembab atau minyak zaitu sesering mungkin, atau paling tidak setelah mandi.


<<KEHAMILAN 33 MINGGU

KEHAMILAN 35 MINGGU >>

KEMBALI KE KALENDER KEHAMILAN

Comments are closed.