Buffer

Kehamilan 38 Minggu

Kehamilan minggu ke-38, Usia Janin 36 minggu

Perkembangan Bayi

Bayi Anda bertambah berat badan sekitar satu ons per hari sekarang. Sementara ia terus buang air kecil dan praktek bernapas, bayi Anda juga menyimpan mekonium (BAB pertama) dalam ususnya. Paru-paru-Nya terus matang dan genggamannya telah menjadi bahkan lebih kuat dari sebelumnya. Panjang bayi Anda sekitar 3.083kg (6,80 pound) dan berukuran 49.8cm (19,61 inci).

Tubuh Anda

Anda mungkin mulai merasa “aliran listrik” ke bawah kaki dan di dalam vagina Anda. Hal ini disebabkan oleh bayi memukul saraf saat ia menetap ke dalam panggul.

Anda juga mungkin mengalami beberapa kontraksi palsu atau Braxton-Hicks , yang bisa tidak teratur dan sangat menyakitkan.Kontraksi ini dapat dirasakan di punggung, pinggul, perut bagian bawah dan panggul Anda. Perbedaan dengan kontraksi yang nyata adalah bahwa kontraksi persalinan yang sesungguhnya biasanya mulai di bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh rahim, melalui punggung Anda dan masuk ke panggul. Nyeri kontraksi persalinan sejati akan bersifat progresif dalam kekuatan dan durasinya dan tidak akan bisa diatasi ketika Anda mengubah posisi. Jika Anda tidak yakin, hubungi dokter Anda. Tapi jangan khawatir. Anda akan mengetahui perbedaannya.

Ada beberapa orang yang kehilangan nafsu makan. Hal ini mungkin disebabkan lelah, sakit, dan bengkak yang dirasakan sebagian Ibu hamil besar. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus menjaga asupan gizi. Berikut adalah makanan ringan yang bisa dikonsumsi untuk mensiasati dan menjaga asupan gizi Anda:

  • Pisang, kismis dan buah kering untuk besi, kalium dan magnesium
  • String keju untuk kalsium dan protein
  • Kerupuk untuk serat
  • Buah getar dibuat dengan susu skim dan yogurt untuk kalsium, vitamin dan mineral

<<KEHAMILAN 37 MINGGU

KEHAMILAN 39 MINGGU >>

KEMBALI KE KALENDER KEHAMILAN

Comments are closed.