Buffer

Warning: Creating default object from empty value in /home/bayi/public_html/wp-content/themes/delegate/functions/admin-hooks.php on line 160

Perkembangan Bayi usia 4 – 6 Bulan

Perkembangan Bayi pada usia 4-6 bulan?

Tidak terasa kini bayi sudah melewati usia 3 bulan….

Berat bayi di usia ini berkisar antara 4,7 – 7,8 kg, panjangnya 57,8 – 67,8 cm, dan lingkar kepalanya 38 – 46 cm.

Bayi akan belajar berbagai hal baru lebih banyak lagi, yaitu :

• Mengangkat kepala setinggi 90 derajat, berguling dari posisi tengkurap ke terlentang dan sebaliknya.

• Di usia 4 bulan bayi sudah dapat tengkurap dengan bertumpu pada tangannya, dan mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil.

• Usia 5 bulan bayi sudah dapat duduk dengan dibantu dan meraih benda-benda yang berada di sekitarnya. Ia juga mulai dapat memindahkan benda disekitarnya, mengambil kubus, atau menggenggam pensil. Ia juga senang melihat dan memegang tangannya sendiri, dan mengarahkan matanya pada benda-benda kecil

• Usia 6 bulan bayi mulai mengambil benda-benda kecil seperti manik-manik. Ia juga senang berteriak dengan suara gembira dan tersenyum/tertawa ketika melihat benda-benda yang menarik (Cara memilih mainan untuk bayi usia 4 – 6 Bulan) 

ASI dan MPASI

Bayi yang dapat diberikan ASI eksklusif, pada saat ini masih tetap diberikan ASI secara eksklusif hingga usia 6 bulan. Namun bagi bayi yang tidak dapat diberikan ASI eksklusif, bila sudah berusia 4 bulan dan tampak sudah siap untuk makan dapat dicoba diberikan makanan pendamping ASI (MPASI).
Untuk bayi yang mulai mendapatkan MPASI, biarkan ia belajar makan sendiri.
Berikan biskuit pada bayi, biarkan ia mengambilnya, menggenggamnya, dan memegang biskuit dengan jari-jarinya. Biarkan ia belajar untuk makan sendiri.
Bagaimana kita tahu apakah bayi sudah siap makan? Klik disini >>

Dr. Marissa Pudjiadi, Sp.A
Dr. Martin Leman, Sp.A

Cara stimulasi dan melatih kemampuan bayi usia 4 – 6 Bulan     Klik disini >>

Leave a Reply