Buffer

Warning: Creating default object from empty value in /home/bayi/public_html/wp-content/themes/delegate/functions/admin-hooks.php on line 160

Pola Tidur Bayi

Pola tidur bayi, jika dilihat dari periode tidurnya sampai rentan usia 9 bulan semakin panjang, antara 11,5  sampai 15 jam setiap harinya, dengan dua kali tidur siang, pagi, dan sore. Tidur malamnya selama 9 sampai 12 jam, sedangkan tidur siangnya biasanya selama ½ sampai 2 jam. Apabila bayi ibu sudah mulai mendapatkan makanan padat, umumnya bayi sudah tidak lagi terbangun di malam hari karena lapar.

Bila dalam keadaan mengantuk diletakkan di tempat tidur, bayi akan cenderung tertidur dengan sendirinya. Ini akan menguntungkan Ibu, karena bayi tidur secara mandiri, Ibu tidak perlu menemani atau meninabobokan bayi.

Pola tidur bayi bisa dipengaruhi oleh masalah sosial dan perkembangannya. Bayi yang merasa aman, tidak akan bermasalah dengan tidurnya. Kecemasan berpisah menyebabkan bayi terbangun dan menangis karena Ibu tidak berada di dekatnya. Sakit dan perkembangan motorik juga bisa mempengaruhi pola tidur bayi

Pola tidur bayi yang baik bisa diupayakan dengan menerapkan kebiasaan tidur yang baik pada bayi. yaitu dengan:

  • Menetapkan jadwal harian. Usahakan bayi tidur siang, makan, dan bermain pada jam yang sama setiap harinya.
  • Menciptakan rutinitas waktu tidur. Ciptakanlah rutinitas waktu tidur kepada bayi dengan mengganti pakaian dengan baju tidur atau piyama, menggosok gigi, membacakan cerita, atau menyanyikan nina bobo.
  • Latih dan dorong bayi untuk tidur dengan sendirinya.

Comments are closed.