Buffer

Stimulasi Bayi 0-3 Bulan

Stimulasi Bayi 0-3 Bulan penting untuk melatih kemampuan bayi dalam tumbuh kembangnya.

Berikut ini cara melatih kemampuan bayi:

a.Mengangkat kepala
Letakkan bayi pada posisi telungkup. Ajaklah bayi bermain dengan gembira misalnya menggunakan mainan berwarna cerah. Bayi akan belajar mengangkat kepalanya dan lamakelamaan belajar menggunakan lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.

b.Berguling-guling
Letakkan mainan di samping dekat bayi.Awalnya bantu ia meraih mainan tersebut dengan menggulingkannya perlahan. Lama-kelamaan bayi akan belajar untuk berguling untuk meraih mainan tersebut. Namunselalu jaga agar bayi tidak terjatuh.

c.Mempertahankan kepala pada posisi tegak
Menggendong bayi dalam posisi tegak akan membantunya melatih mempertahankan posisi kepala dalam posisi tegak. Pada usia awal bayi belum dapat mempertahankan kepalanya, jadi jangan paksa bayi. Perlahan-lahan bayi akan belajar mengangkat kepalanya kemudian belajar mempertahankan kepala pada posisi tegak.

d.Keterampilan gerak halus.
Untuk melatih kemampuan gerak halus, pasang mainan berwarna cerah dan menarik pada posisi menggantung di atas tempat tidur bayi. Ia akan belajar melihat, meraih, dan berusaha menendangnya. Ajak juga bayi bermain dengan mainan di sisi depan mukanya, lalu geser ke kiri dan kanan agar ia ikut melihat ke kiri dan ke kanan. Biarkan ia memegang mainannya, agar dapat belajar merasakan tekstur mainan pada tangannya. Bila ia  berusaha memasukkan mainan ke dalam mulutnya, pastikan mainan tersebut bersih dan tidak terlalu kecil agar tidak tertelan olehnya.

e.Kemampuan berbicara
Setiap hari, ajaklah bayi bicara sesering mungkin. Bayi tidak pernah terlalu muda untuk diajak bicara. Tirukan suara dan ocehan bayi agar ia menirukan kembali suara mama. Ajak bayi untuk mendengarkan berbagai jenis suara seperti musik yang lembut, TV, orang bicara, dan lainnya
dan perhatikan bagaimana reaksi bayi terhadap suara-suara tersebut.

f.Kemampuan berkomunikasi
Sesering mungkin peluk dan belai bayi, bicara dengan nada lembut dan halus, tersenyum padanya, serta ajak dalam kegiatan sehari-hari. Ketika bayi rewel, cari tahu penyebabnya. Ingat bayi menangis bukan hanya karena lapar, namun mungkin juga karena popoknya basah, mengantuk, perutnya sakit, atau keadaan lainnya yang membuatnya tidak nyaman.

g.Mengenal pola waktu
Ajak bayi untuk mengerti waktu siang dan malam. Ajaklah bayi bermain di siang hari dan jangan ajak bermain yang terlalu heboh dan bersemangat pada waktu mendekati jam tidur sehingga ia belajar membedakan waktu siang dan malam.

Untuk Stimulasi yang lebih maksimal sangatlah baik jika didukung dengan mainan yang sesuai dengan usianya.

Dr. Marissa Pudjiadi, Sp.A
Dr. Martin Leman, Sp.A

 

Cara memilih mainan untuk bayi usia 0 – 3 Bulan     Klik disini >>

Leave a Reply